Breaking News

Pertanian

Peternakan

Ketrampilan

Tata Boga

Profil Desa Klumpit


Klumpit - Desa Klumpit termasuk desa di wilayah kecamatan Gebog yang terletak sekitar di lereng Gunung Muria. Desa ini terletak sekitar ±8 km dari puncak gunung Muria. Desa ini berada ±10 km sebelah barat laut dari pusat Pemerintahan Kabupaten Kudus. Desa Klumpit ini terbagi atas beberapa dukuh yaitu : Pesantren, Pedak, Modinan, Ngaringan, Grobog, Klumpit, dan Kalilopo.

Batas-batas wilayah Desa Klumpit :
  •  Barat    : Desa Mijen
  • Timur   : Desa Peganjaran
  • Selatan : Desa Gribig dan Karangampel
  • Utara    : Desa Sudimoro

Kondisi Lingkungan Saat memasuki wilayah desa ini, sejuk dan asri bisa dirasakan setiap orang yang memasukinya. Hal ini dikarenakan kondisi desa yang masih banyak persawahan dengan tekstur tanah yang sedang dan sebagian dengan tanah liat. Masalah air bersih disini tidak menjadi sebuah masalah karena sumber air disini bersumber langsung dari alam. Hampir di setiap rumah memiliki sumur- sumur sendiri. Kebersihan juga tetap selalu menjadi perhatian di desa ini. Untuk menjaga kebersihan lingkungan desa, warga biasanya mengadakan kerja bakti pada hari- hari libur. Sehingga desa ini tetap terjaga kebersihannya. Mata  pencaharian Penduduk Desa ini mempunyai mata pencaharian yang beragam. Sebagian diantara mereka ada yang wiraswasta, petani, PNS, pegawai swasta, dan masih banyak yang lain. Namun rata-rata warga desa ini bekerja sebagai buruh.

Potensi SDM Sumber Daya Manusia
di Desa ini cukup baik. Banyak diantara warga yang mempunyai kreatifitas yang berkualitas. Ketrampilan- ketrampilan warga meliputi; konveksi (menjahit), pengrajin batu bata, pengrajin kayu yang biasa digunakan untuk perabot rumah, mengajar dll.

Di desa ini terkenal
sebagai desa konveksi karena banyak dari warganya yang mendirikan konveksi pakaian. Produk yang dihasilkan adalah busana muslim wanita, hem, koko, mukena, dan kerudung. Biasanya mereka langsung memasarkan ke pasar- pasar luar kota Kudus, seperti Rembang, Demak, Juwana, bahkan hingga Jawa Timur.


Tingkat kesehatan di Desa Klumpit ini bias dikatakan cukup baik. Ini bisa di lihat pada kondisi warga yang tidak mempunyai penyakit-penyakit yang serius dan menular serta cacat. Untuk meningkatkan kesehatan warga, kegiatan yang biasa di lakukan di Desa ini adalah mengadakan kegiatan posyandu yang bertempat di tiap-tiap dukuh. Mereka memanggil bidan-bidan setempat untuk kegiatan tersebut. Di desa ini terdapat tiga bidan yang terdiri dari satu bidan desa dan dua bidan swasta. bidan tersebut adalah

  • Hj. Darini, Amd.Keb
  • Hj. Muyassaroh, Amd.Keb
  • Nor Istiati, Amd.Keb

Selain itu, ada pula puskesmas keliling yang biasanya memberikan layanan kesehatan di desa ini. Mereka memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu. Pendidikan Kondisi standar pendidikan desa ini dapat di katakan sesuai dengan program pemerintah.

Warga desa ini sudah mencapai pendidikan hingga SMA sampai perguruan tinggi. Hanya sebagian kecil saja yang masih bersekolah sampai SMP atau hanya SD saja. Untuk memudahkan warganya menjangkau pendidikan, di desa ini telah berdiri banyak pusat-pusat pendidikan/sekolah. Baik yang pendidikan umum maupun pendidikan agama. Dari playgroup-TK/RA- SD/MI-dan MTs. Serta madrasah diniyah dan RTQ/TPQ. Desa ini juga mengadakan program anti tuna aksara dengan mendirikan kegiatan seperti sekolah bagi orang-orang tua yang tidak bisa membaca.


Fasilitas-fasilitas pendidikan yang dimiliki desa:

  1. Playgroup :   Halimatus Sa’diyah
  2. TK/RA :   TK PertiwiRAFatimatuz Zahra’
  3. SD/MI : SD 1 Klumpit, SD 2 Klumpit, SD 3 Klumpit, SD 5 Klumpit, SD 6 klumpit, SD 7 klumpit, MI Tarbiyatul Banatil Islamiyah,  MI Sabilul Khoiratil Islamiyah, Mts. Albakry 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar